Review Mineral Botanica Original Loose Foundation (02 Natural)


Halo Maret^^
Wah, gak kerasa sudah memasuki bukan ke-3 di tahun 2015 yang kurang produktif ini. Hemm, saya sedih lihat posting bulan lalu yang hanya 3 review. Semoga saja bulan ini saya bisa kembali konsisten menulis.

Sebelum masuk review, saya mau sedikit cerita tentang purging yang belakangan sedang saya alami berkat SK II, tapi sekarang sudah mereda.Sukur lah.^^
Sejak purging itu, saya sangat menghindari pemakaian kosmetik berat seperti BB Cream, CC Cream atau foundation. Setelah mengurani dempul, saya merasakan beberapa hal positif di kulit saya; komedo dan sel kulit mati berkurang. Senangnya.
Tapi, setelah cukup lama saya melepas alat lenong tetapn saja saya merasa kangen. Rasa kangen ini memuncak sampai akhirnya saya cari-cari foundation dengan cover bagus tapi non comedogenic dan hasilnya? Gak nemu T_T

Pucuk di cinta ulam pun tiba, dunia Facebook lagi hebring produk lokal yang katanya OKE punya. Namanya Mineral Botanica atau biasa orang sebut Mica dan saya berkesempatan nyicipin beberapa produk Mica yang salah satunya adalah Original Loose Foundation. Sebelumnya, saya memang sempat kepikiran untuk nyoba powder foundation. Setelah cari-cari jarang banget bahkan sepertinya belum ada produk lokal yang punya powder foundation. CMIIW.


Mineral Botanica Original Loose Foundation, adalah powder foundation pertama saya.

Pertama kali lihat packaging-nya, saya sempat gak percaya harganya sekitar 50k/15g. Cukup murah untuk kemasan yang elegan kaya gini. Dusnya dan tutupnya berwarna hitam matte, dengan tulisan putih. Simple.

Mineral Botanica Original Loose Foundation mempunyai 3 shade kalau gak salah, saya pilih yang natural nomer 02 karena kulit saya cenderung kuning. Dengan Loose Foundation ini saya banyak menumpukan harapan gak terjadi hal aneh-aneh pada kulit saya yang sedang rewel.
Mineral Botanica Original Loose Foundation di klain memberikan kesan cerah natural dan hasil flawless.


 Mineral Botanica Original Loose Foundation juga memiliki SPF 15 loh, sebenarnya saya gak ngeuh dia punya SPF, tulisannya terlalu samar. SPF15 buat saya terlalu kecil untuk pemakaian sehari-hari yang minimal di iklim Indonesia kita kutuh SPF30, jadi biasanya sebelum pakai Mineral Botanica Original Loose Foundation saya templikin dulu sunblock. Disamping itu saya senang dengan bedak-bedakan yang mengandung SPF, walau kecil setidaknya saya bisa re-apply berkali-kali, gak seribet re-apply sunblock. Mineral Botanica Original Loose Foundation juga di perkaya dengan Vitamin E yang memang baik untuk kulit.

Ingredients dan cara penggunaanya :


Cara penggunanya sama saja dengan loose powder biasa, gak ada bedanya. Ingredients-nya tertulis di box dan di balik wadahnya. Mineral Botanica Original Loose Powder bebas per-parabenan looh... Saya juga jarang lihat ada brand lokal bebas paraben. ^^


Selanjutnya saya bahas tentang aplikator Mineral Botanica Original Loose Foundation yang saya kasih nilai 9 dari 10.Puff-nya NIAT BANGET ! Ini pertama kalinya saya menemukan brand lokal yang aplikator-nya niat banget. Bahkan brand sebelah yang hietz aja kalah loh. ^^,

Aplikator Mineral Botanica Original Loose Foundation ini tebel banget, tidak terbuat dari bahan handuk tapi dari bulu-bulu halus dengan jepitan jari berwana hitam.


Sayangnya aplikator Mineral Botanica Original Loose Foundation terlalu kecil buat saya, hahaha. Entahlah, saya biasa menggunakan yang besar.


Agar isinya tidak tumpah, Mineral Botanica Original Loose Foundation memiliki segel plastik yang bisa kita lepas semua atau sebagian saat akan digunakan. Awalnya saya melepas sebagian saja, tapi saya nekad lepas semua, takut kebanyakan tumpah-tumpah powdernya. Ternyata tidak. Keluarnya powder sangat terkontrol walau segelnya di lepas semua.

Yang saya pilih adalah shade natural, warnanya agak coklat tapi saat di taburkan sedikit ke tangan, warnanya jadi agak kuning.  Mineral Botanica Original Loose Foundation juga tidak memiliki aroma apa-apa jadi tidak mengganggu hidung saya.


Menurut saya, 02 - Natural ini warna yang paling masuk dengan kulit orang Indonesia under tone kuning.

Setelah di aplikasikan ke wajah, rasanya sama seperti menggunakan loose powder, gak berat tapi dapat meratakan warna kulit saya tapi kurang bisa cover bekas jerawat di pipi.
 


Foto diatas di ambil dengan cahaya matahari yang terlalu terang dan baru di aplikasikan, foto di bawah saya ambil di sore hari, setelah pemakaian 5 jam.

Setelah pemakaian kurang lebih 5 jam dan saya bawa keringet-keringetan, Mineral Botanica Original Loose Foundation gak oxy dan berubah berubah kucel. Karena tipe kulit wajah saya adalah berminyak,  Mineral Botanica Original Loose Foundation oil controlnya cukup bagus setelah 5 jam kecuali di T zone yang memang setelah pemakaian 3 jam berminyak glowy. Tapi saya suka, kelihatannya natural. Hehe.

Oh ya, diawal saya memang sempat parno saat hendak mengganti loose powder dengan Mineral Botanica Original Loose Foundation, karena embel-embel foundation tadinya saya pikir akan bikin komedo di cuping hidung dan jerawat kembali meradang. Ternyata, tidak sama sekali. Rasanya sama seperti menggunakan loose powder favorit saya.

(+)
  • Brand lokal
  • Harganya terjangkau
  • Kemasannya simple tapi elegan
  • Aplikatornya bagus banget
  • Tidak menyebabkan komedo dan jerawat (di saya)
  • Shade natural cocok untuk warna kulit saya
  • Oil controlnya bagus
  • Tidak membuat wajah oxy atau kucel
  • Tidak mengangung pewangi
  • Memiliki SPF 15
  • Mengandung Vitamin E
  • Memberikan hasil natural/ flawless
  • No paraben

(-)
  • Masih agak sulit di dapat, karena brand baru. Tapi di kota-kota besar sudah ada kok conternya
  • Aplikatornya terlalu kecil



Sejauh ini saya sangat suka dengan Mineral Botanica Original Loose Foundation dan berencara untuk repurchase, saya harap kedepannya ada kemasan refill, Hehe.

Mineral Botanica
Instagram : @MineralBotanica


XOXO

9 comments

  1. Nice Post Mba... Makasih Udah Berbagi.. :D

    ReplyDelete
  2. ka cyaaa, klo di jakarta ini mudah didapat dimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di guardian coba, atau di waston, gak begitu tau solalnya kalo jkt. coba tanya ke fanpage mica nya, biasanya di kasih tau ^^,

      Delete
  3. coverage nya lumayan banget yaa.. wahh langsung jd wishlist nih loose powder nya..
    Nice review kak!! =D

    uniquebloggonnabe.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Iyah coverage nya medium harganya juga gak mahal2 amat. :)))

    ReplyDelete
  5. keliatannya bagus yaa.. aku penasaran banget sama ini, soalnya mama ku punya powder foundation juga tapi yang high end, jadi pengen coba yang drugstore juga, lokal pula :D

    Sitha | lemmeswatchit.blogspot.com

    ReplyDelete

Komentar Kasar, SARA, PROMOSI/BERJUALAN, akan dihapus. TOLONG UNTUK TIDAK MENULIS LINK HIDUP JUGA. ^^